Yusran: Tak Perlu Cemas Hadapi Pensiun

Info Gambar :

HUMPRO KUBU RAYA – Sebanyak 149 PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya akan memasuki purna tugas. Terkait hal itu, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia menggelar pembekalan menjelang purna tugas di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Senin (30/9). Pembekalan dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam. 

“Masa pensiun sering disamakan dengan masa di mana seseorang merasa sudah tidak dibutuhkan lagi karena ketidakmampuan beraktivitas. Pemahaman inilah yang kerap membuat orang jadi over sensitif dan kurang kepercayaan diri,” kata Yusran Anizam.

Akibatnya, lanjut Yusran, banyak orang yang tidak siap menghadapi masa pensiun. Purna tugas  lantas sering dianggap sebagai masa yang mencemaskan. Karena hilangnya kegiatan rutin dan berkurangnya penghasilan.

“Hal itulah yang ditakuti kebanyakan orang yang memasuki masa pensiun. Atau biasa disebut post power syndrome. Padahal rezeki itu tidak tergantung dengan kantor,” sebutnya.

Yusran menuturkan, masa pensiun tidak seburuk yang sering dibayangkan. Ia menyebut ada banyak orang yang berhasil menjalani pensiun dengan bahagia. Untuk mendapatkan masa pensiun yang bahagia, seseorang yang akan memasukinya perlu menyiapkan diri dengan baik. 

”Menetapkan tujuan yang jelas, mengetahui besaran kebutuhan hidup di masa pensiun, dan memiliki keterampilan dalam pengelolaan keuangan serta mencoba mencari peluang untuk mendirikan usaha,”  terangnya.

Untuk menciptakan peluang usaha di masa pensiun, Yusran menyatakan perlunya kemauan dan kejelian terhadap lingkungan sekitar. Untuk mendapatkan peluang usaha, dia menyarankan slogan ATM. Yaitu Amati, Terapkan, dan Modifikasi. 

“Untuk memotivasi para PNS yang akan purna tugas, dalam pembekalan ini dihadirkan pula narasumber dari pensiunan yang telah berhasil mengembangkan usaha. Semoga dengan itu PNS yang akan pensiun  tetap optimistis dalam menghadapi masa pensiun dan tidak terjebak dengan post power syndrome,” harapnya. 

Atas nama Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Yusran berterima kasih kepada para PNS atas pengabdian membangun daerah. 

“Semoga pengabdian bapak/ibu PNS selama ini dapat menjadi pondasi dalam mewujudkan Kabupaten Kubu Raya yang lebih baik lagi ke depannya,” ucapnya.

Kepala Bidang Disiplin BKPSDM Kabupaten Kubu Raya Yusrianda mengatakan, kegiatan pembekalan dimaksudkan untuk menyiapkan PNS yang akan memasuki masa purna tugas dengan wawasan dan motivasi diri. Tujuannya untuk menghindarkan PNS dari rasa tegang dan cemas menjelang purna tugas.

“Kita ingin meminimalkan adanya potensi  post power syndrome dan membantu para PNS yang akan pensiun mengelola dana pensiun dengan tepat,” jelasnya.

Yusrianda menerangkan, pembekalan diikuti 149 PNS pada dinas, badan, kantor, kecamatan, tenaga kesehatan, dan tenaga fungsional guru. 

Satu di antara PNS yang akan purna tugas, Iskandar, mengapresiasi kegiatan pembekalan yang dilaksanakan pemerintah daerah. Menurutnya, sejumlah materi dalam pembekalan memang sangat dibutuhkan para PNS. Seperti materi persiapan psikologis, tata cara pengurusan pensiun dan jaminan hari tua, dan kiat membuka peluang usaha di masa pensiun.  

“Masa purna tugas atau pensiun ini adalah masa yang alamiah akan menghampiri setiap orang. Jadi suka tidak suka atau siap tidak siap ya harus siap untuk menghadapinya. Tinggal bagaimana kita menyikapi dan menyiapkan diri sehingga di masa pensiun pun tetap bahagia,” ucap PNS di Sekretariat Daerah Kabupaten Kubu Raya ini. (rio)

JARINGAN SKPD