Wabup Apresiasi Pembentukan Forum Budaya Merah Putih Kubu Raya

Info Gambar :

PROKOPIM KUBU RAYA – Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo menyambut positif terbentuknya Forum Budaya Merah Putih (FBMP) Kabupaten Kubu Raya. Hal itu disampaikan Sujiwo saat menerima kunjungan dari para pengurus FBMP di ruang kerja wakil bupati, Kamis (19/11) siang. Menurut Sujiwo, kehadiran FBMP sangat membantu pemerintah daerah dalam menjaga keharmonisan hubungan antaretnis di Kubu Raya. Ia optimistis FBMP akan menjadi peredam bagi ancaman intoleransi yang bisa mencederai kerukunan antaretnis di Kubu Raya.

"Pertama saya mengapresiasi terbentuknya Forum Budaya Merah Putih, baik di tingkat provinsi maupun di kabupaten/kota. Karena di belakangnya ada ‘merah putihnya’, saya berpendapat forum ini akan menyatukan masyarakat Kubu Raya yang multietnis, multibudaya, dan multiagama," katanya.

Sujiwo juga berharap FBMP dapat menjadi sosok penengah di tengah masyarakat Kubu Raya yang heterogen. FBPM, lanjutnya, juga diharapkan mampu mencegah munculnya gesekan di tengah masyarakat sehingga keharmonisan terus terjaga. 

"Gaungkan persatuan dan kesatuan, apalagi akhir-akhir ini kita kadang-kadang terlalu runcing soal perbedaan agama, aliran, budaya, etnis, dan sebagainya. FMP harus menjadi elemen yang ke depannya menggaungkan pentingnya merawat persatuan bangsa," harapnya.

Lebih jauh Sujiwo menegaskan dukungannya terhadap eksistensi FBPM. Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, ujarnya, juga akan memberikan dukungan.  

"Saya ingin sampaikan bahwasanya roda dan eksistensi organisasi ini harus bisa berjalan sebagaimana mestinya. Peran pemerintah tentu dan pasti akan memberikan stimulan. Secara pribadi saya akan bantu untuk mengaktakan. Kemudian nanti ada uniform-nya tanggung jawab pribadi saya. Terus kemudian nanti setelah ada aktanya, pemerintah salah satu bentuk atensinya selain memberikan pembinaan dan arahan, ya tentunya berkontribusi dengan anggaran yang disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah," tuturnya. (rio)

JARINGAN SKPD