Tak Komit Sepuluh Tahun, CPNS Dianggap Mundur

Info Gambar :

PROKOPIM KUBU RAYA – Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengingatkan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk komit melayani rakyat. Ia meminta CPNS fokus pada tugas pokok dan fungsi masing-masing. Sebab sejak diangkat menjadi CPNS, ketika itu pula berbagai masalah langsung tersaji.  

“Ketika diangkat menjadi CPNS, di situ sebetulnya kita sudah langsung menghadapi masalah. Menu masalah dalam arti kata PNS itu diamanahkan untuk melayani rakyat. Bukan semata-mata melayani sesama birokrasi dan fokus kita adalah sebagai alat untuk memperbaiki kehidupan rakyat,” tutur Muda Mahendrawan saat menyerahkan Keputusan Bupati Kubu Raya tentang Pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil Formasi Pelamar Umum Tahun Anggaran 2019 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Selasa (29/12). Penyerahan di Ruang Praja Utama Kantor Bupati Kubu Raya itu diterima oleh perwakilan CPNS. 

Muda mengajak seluruh CPNS memandang tugas pokok dan fungsinya sebagai sebuah tanggung jawab. Bukan hanya sebatas beban kewajiban. CPNS, menurut dia, harus peka dengan suasana kebatinan masyarakat. 

“Saya mengajak CPNS untuk selalu menggaungkan dalam pikiran terdalamnya bahwa yang dijalankan adalah tanggung jawab dan tidak semata-mata tugas. Menjadi abdi negara harus siap untuk fokus kepada apa yang dirasakan oleh masyarakat luas,” tuturnya. 

Terlebih, lanjutnya, jumlah PNS tidak sebanding dengan perkembangan masyarakat. Sehingga yang dibutuhkan adalah PNS dengan kesadaran tanggung jawab yang tinggi. Yakni PNS yang berinisiatif, inovatif, dan bersinergi dengan masyarakat. 

“Saya minta PNS Kubu Raya ini jangan menjadi PNS biasa. Tanggung jawab kita sangat besar, maka tanggung jawab itu yang harus selalu menjadi fokus kita. Agar apa yang dilakukan itu terpanggil dari nurani,” ucapnya. 

Ia mengingatkan CPNS agar tidak menjadikan jabatan sebagai target. Sebab hal itu berujung ambisi yang dapat menjerumuskan. 

“Jabatan dan pangkat itu akibat. Jangan jadikan itu tujuan. Kalau tidak, maka bahayanya adalah dengan cara apapun akan dikejar meskipun dengan tanpa prestasi dan kinerja yang jelas. Jadilah PNS yang bisa mengejar solusi masalah dan tidak sibuk mengurusi hal-hal remeh,” ajaknya. 

Dirinya meminta CPNS untuk mampu beradaptasi dengan baik. Sebab sebagai hinterland kota, Kubu Raya penuh dengan dinamika. 

“Pahami bahwa inilah kesempatan untuk beribadah. Jadi jangan dilewatkan untuk bisa memberikan pelayanan dan peluang-peluang kepada masyarakat luas. Karena hasil dari berbagai proses pekerjaan muaranya adalah kepada masyarakat,” terangnya. 

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Kubu Raya, M. Noh Saiman, mengatakan formasi pelamar umum Tahun Anggaran 2019 berjumlah 227 formasi. Terdiri atas 216 formasi terisi dan 11 formasi kosong. 

“Formasi terisi yakni tenaga guru (66), tenaga kesehatan (83), dan tenaga teknis (67). Sedangkan formasi kosong sebanyak 11 formasi terdiri atas dokter gigi (2), pekerja sosial (1), paramedik veteriner (1), penguji kendaraan (3), arsiparis (2), dan teknik pengairan (2),” paparnya.

Ia mengingatkan CPNS terikat dengan perjanjian untuk tidak mengajukan pindah tugas selama sepuluh tahun. Jika hal itu dilanggar, yang bersangkutan akan langsung dianggap mengundurkan diri. 

“Sepuluh tahun baru bisa mengajukan pindah. Jika sebelum itu sudah mengajukan, maka dianggap mengundurkan diri,” tegasnya. (rio)

JARINGAN SKPD