Sujiwo: PMP Perekat Kerukunan Masyarakat Etnis Kalimantan Barat

Info Gambar :

PROKOPIM KUBU RAYA - Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo menyambut positif terbentuknya organisasi Perkumpulan Merah Putih (PMP) Kalimantan Barat. Ia menyatakan, sebagai forum komunikasi lintas etnis, PMP memang sepatutnya dibentuk guna mencegah perselisihan di tengah masyarakat.

"Selamat atas pengukuhan Perkumpulan Merah Putih Kalimantan Barat. Forum ini bagi saya luar biasa karena telah menghimpun semua etnis yang ada di Kalimantan Barat. Semakin banyak wadah yang menyatukan kelompok budaya dan kelompok etnis seperti PMP tentu akan semakin baik," kata Sujiwo usai menghadiri Pengukuhan Pengurus DPP Perkumpulan Merah Putih Kalimantan Barat di The Q Hall Qubu Resort Kubu Raya, Selasa (25/5). 

Sebagai daerah yang didiami oleh masyarakat dari bermacam-macam suku, Kalimantan Barat dikatakan Sujiwo memang memerlukan adanya forum yang mampu merekatkan keberagaman etnis. Sebab kata dia, tanpa kehadiran forum lintas etnis, sejarah kelam tentang konflik antaretnis yang pernah terjadi di masa lalu di Kalimantan Barat bisa saja terulang. 

"Sejarah mencatat, Kalimantan Barat ini pernah beberapa kali terjadi pertikaian yang melibatkan berbagai suku. Kita tidak ingin peristiwa kelam itu terulang di masa kini sehingga forum lintas etnis seperti PMP ini sangat kita perlukan," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sujiwo juga berpesan kepada Perkumpulan Merah Putih untuk tidak pernah lelah menyerukan pentingnya merawat persatuan dan kesatuan kepada seluruh organisasi etnis di Kalimantan Barat. Karena menurutnya, persatuan dan kesatuan merupakan modal utama pembangunan.

"Terakhir, saya ingin menitipkan pesan kepada PMP agar terus mengajak semua masyarakat antaretnis untuk senantiasa merawat jalinan silaturahmi, mengawal keutuhan NKRI dan menjaga persatuan dan kesatuan. Persatuan dan kesatuan merupakan aset dan modal utama untuk membangun daerah dan bangsa yang kita cintai ini," harapnya.

JARINGAN SKPD