Setahun Beroperasi, RSUD Kubu Raya Komit Pelayanan Membahagiakan

Info Gambar :

PROKOPIM KUBU RAYA – Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menghadiri syukuran ulang tahun pertama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Kubu Raya di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Rabu (6/1). Syukuran dirangkaikan dengan penandatanganan kerja sama BPJS dan penyampaian SK Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD Kubu Raya. Bupati Muda mengungkapkan RSUD Kubu Raya mempunyai kekhususan dalam hal pelayanan ibu dan anak. Keunggulan tersebut, menurut dia, diharapkan dapat membantu menyelesaikan masalah kesehatan yang ada di Kubu Raya dengan target prioritas Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB), dan angka stunting. Meski diperkuat dalam hal pelayanan ibu dan anak, ia memastikan pelayanan medik lainnya tidak ditinggalkan. 

“Kenapa RSUD Kubu Raya membangun semacam ciri khas kesehatan ibu dan anak? Karena terkait dengan fokus pada upaya menyiapkan generasi unggul yang dimulai dari hulu yakni mengawal seribu hari pertama kelahiran,” tuturnya.

Muda menjelaskan hal tersebut sangat penting. Sebab generasi unggul mensyaratkan adanya jaminan pelayanan kesehatan yang lengkap dari periode kehamilan sampai anak usia dua tahun.

“Kehidupan harus ada jaminan bahwa ibu-anak cukup gizi, imunisasi lengkap, dan sanitasi lingkungan sehat dari mulai periode kehamilan sampai anak usia dua tahun. Dengan begitu akan lahir generasi unggul Kubu Raya yang memiliki daya saing,” sebutnya. 

Lebih jauh ia mengatakan keberadaan RSUD harus sekaligus berfungsi edukasi dan penguatan bagi fasilitas kesehatan lainnya. Bukan seperti anggapan umum di mana rumah sakit kerap dianggap mampu menyelesaikan berbagai pesoalan kesehatan masyarakat. 

“Jadi jejaring ini lebih bersinergi secara maksimal. Termasuk kalau banyak yang diselesaikan di puskesmas rawat inap, itu justru jauh lebih baik lagi di mana pelayanan tidak menghabiskan energi masyarakat untuk pergi ke rumah sakit,” ujarnya.

Direktur RSUD Kubu Raya, Asep Ahmad Syaifullah, menegaskan visi dari RSUD Kubu Raya adalah memberikan pelayanan yang membahagiakan kepada masyarakat. Ke depan, pihaknya berusaha agar visi ‘bahagia dan senyum’ bisa dilakukan lebih cepat dengan bersinergi bersama puskesmas dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya. Ia mengungkapkan saat ini RSUD Kubu Raya memiliki tujuh dokter umum, tujuh dokter spesialis, 33 perawat, dan 30 bidan.

“Adapun tujuh dokter spesialis yang bertugas di RSUD Kubu Raya ini yaitu spesialis kandungan, penyakit dalam, bedah, radiologi, spesialis gigi, spesialis kesehatan mulut, anak, dan syaraf. Kita berharap dalam setahun ke depan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan masyarakat bisa lebih cepat lagi terpenuhi,” ucapnya. (rio)

JARINGAN SKPD