Pulihkan Ekonomi Warga, Bupati Muda Ajak Beli Produk UMKM

Info Gambar :

PROKOPIM KUBU RAYA – Memulihkan ekonomi di masa pandemi, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya telah mengambil sejumlah langkah kebijakan. Di antaranya meningkatkan kegiatan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Di mana hal itu dilakukan melalui peningkatan ekonomi digital dan peningkatan basis data UMKM sebagai wadah serangan program kegiatan pemulihan di masa pandemi. Selain itu, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan juga mengajak untuk mendukung eksistensi UMKM. Caranya dengan membeli produk-produk karya UMKM lokal. Menurutnya, ragam produk olahan yang dihasilkan UMKM lokal cukup lengkap. Mulai dari hasil-hasil pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, dan kerajinan kreatif masyarakat di desa-desa.

“Ayo kita beli produk-produk UMKM rakyat Kubu Raya untuk membela dan membantu penguatan ekonomi rumah tangga sekaligus mengurangi angka pengangguran sehingga menanjakkan kualitas hidup rakyat di seluruh penjuru Kubu Raya,” tuturnya di Sungai Raya, Minggu (4/10). 

Muda mengatakan pihaknya komit menjaga eksistensi UMKM lokal. Hal itu terbukti dengan keberadaan galeri UMKM dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kubu Raya di kantor dan ruang kerja bupati. Dirinya menyebut semua produk UMKM dapat dititipjualkan di galeri tersebut. 

“Sekarang kalau mau ke bandara bisa singgah dulu ke galeri di kantor bupati untuk membeli oleh-oleh produk UMKM dengan kemasan yang khas,” ujarnya. 

Ia menegaskan keberadaan galeri di kantor bupati adalah upaya untuk mendukung masyarakat pelaku UMKM. Yakni dengan membantu kegiatan promosi dan pemasaran produk. 

“Produk ini bukan punya pemda. Ini bukan pemda jualan melainkan ini masyarakat yang punya. Kita membantu produknya supaya dipasarkan dan mendapatkan pembeli-pembeli dari luar. Alhamdulillah kini sudah semakin banyak buyer atau pembelinya,” ucapnya. 

Dirinya menyebut keberadaan galeri sebagai ruang promosi dan pemasaran produk UMKM dapat memperkuat ekonomi warga. Sehingga membantu mengurangi angka pengangguran. Menurutnya, upaya pemulihan dan penguatan ekonomi memerlukan insiatif dan sinergi semua pihak. 

“Kepung bakul biar menanjak terus,” sebutnya.

Muda menambahkan, beragam produk UMKM juga dipajang di ruang kerjanya. Dirinya menilai hal itu merupakan satu di antara esensi dari tanggung jawab sebagai kepala daerah.

“Kenapa di ruangan bupati ada produk UMKM? Ya karena memang ini lebih substantif,” tegasnya. (rio)

JARINGAN SKPD