Penyerapan Anggaran Masih Rendah

Penyerapan Anggaran Masih Rendah
Penyerapan Anggaran Masih Rendah Info Gambar :

Kubu Raya - Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo mengatakan hingga saat ini, memasuki triwulan ke dua tahun anggaran 2019 penyerapan anggaran masih sangat rendah. Untuk itu dirinya meminta kepada ASN Kubu Raya agar segera melakukan langkah-langkah evaluasi berkaitan dengan kendala-kendala yang dihadapi sehingga masih rendahnya penyerapan anggaran hingga saat ini.

"Memang kita akui hingga saat ini penyerapan anggaran kita masih sangat rendah. Dan kita akan terus lakukan langkah-langkah dan inovasi guna mempercepat penyerapan anggaran di Kubu Raya, baik kegiatan pembangunan fisik maupun non fisik," ujar Sujiwo.

Sujiwo mengatakan, ada beberapa faktor penyebab masih rendahnya penyerapan anggaran hingga saat ini. Diantaranya adalah adanya transisi kepemimpinan di Kubh Raya. Kemudian penyesuaian dengan berbagai regulasi dengan pemerintah pusat dan kebijakan-kebijakan anggaran dari Pemerintah Pusat dan Daerah.

Sujiwo meminta OPD untuk segera melakukan terobosan dan langkah-langkah solutif guna mendorong percepatan penyerapan anggaran. Dikatakan Sujiwo, idelanya penyerapan anggaran di triwulan dua semestinya sudah diangka 20 persen. Sementara di Kubu Raya baru mencapai angka 5,1 persen.

"Untuk itu, saya instruksikan OPD untuk lakukan terobosan dan proaktif," pinta Sujiwo.

Sujiwo mengatakan, tidak sehat untuk sebuah sistem pemerintahan jika terjadi penumpukan anggaran diakhir tahun atau diakhir triwulan empat.

"Untuk itu kita akan terus upayakan semaksimal mungkin memasuki triwulan tiga nanti dapat lebih maksimal penyerapan kita," ujar Sujiwo. (Ibazz)