Penetapan APBD Kubu Raya Tahun 2019

Penetapan APBD Kubu Raya Tahun 2019
Penetapan APBD Kubu Raya Tahun 2019 Info Gambar :

Kubu Raya - Pemerintah Kubu Raya bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kubu Raya telah menetapkan Rancangan Anggaran Belanja Daerah Kubu Raya 2019, menjadi Anggaran Belanja Daerah Tahun 2019 dalam rapat paripurna DPRD Kubu Raya, Kamis 29 November 2018.

Tujuh Fraksi DPRD bersama-sama menyetujui Rancangan Anggaran Belanja Daerah Kubu Raya menjadi Anggaran Belanja Daerah 2019, dalam pandangan akhir fraksi-fraksi DPRD Kubu Raya. Dengan ditetapkannya perda APBD Kubu Raya tahun 2019, maka rencana kerja masing-masing OPD sudah dapat disusun, sehingga realisasi dapat dilaksankan sejak tahun anggaran belanja 2019 dimulai.

ABD Kubu Raya tahun 2019 ditetapkan sebesar 1.4 Triliun yang berasal dari Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan dan Pendapatan Lain Daerah yang sah. Sedangkan belanja Daerah pada APBD Kubu Raya tahun 2019 mendekati nilai 1.5 Triliun.  Yang dipergunakan untuk belanja pangsung dan belanja tidak langsung.

Bupati Kubu Raya Rusman Ali menyampaikan penghargaan dan apresiasi serta terimakasihnya kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kubu Raya. Atas kebersamaan dan kerja keras bersama dalam pembahasan Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Kubu Raya 2019. Terhadap pandangan, penilaian serta saran terhadap APBD Kubu Raya 2019.

"Kerjasama dan koordinasi antara DPRD dan Pemerintah Daerah sebagai mitra yang setara dalam penyelenggaraan pemerintahan. Dan karena kerjasama yang harmonis ini jugalah maka kita dapat mentapkan anggaran belanja daerah 2019 ini dengan tepat waktu. Kita berharap kerjsama dan keharmonisan ini dapat terus kita jaga bersama untuk kepentingab masyarakat banyak," ujar Rusman Ali.

Anggaran Belanja Derah tahun 2019 merupakan tahun ke lima dalam pelaksaan RPJMD dalam rangka mencapai sasaran pembangunan guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Prioritas rencana program tersebut, tertuang dalam KUA dan PPAS tahun anggaran 2019. Telah dilakukan pembahasan secara trabsparan dan akuntabel antara eksekutif dan legislatif.

"Kita bersyukur, pembahasan dapat kita lakukan bersama dengan transparan dan akuntabel. Sehingga dapt kita tetapkan bersama setelah melalui pembahasan yang panjang. Tahapan-tahapan diskusi dan penyesuaian dengan program-program strategis dan prioritas. Dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat," ujar Rusman Ali.

Rusman Ali meminta seluruh OPD Kubu Raya agar menyusun rencana kerja yang matang sesuai dengan format APBD yang telah ditetapkan. Sehingga diawal tahun anggaran 2019 kegiatan-kegiatan pembangunan dan program-program prioritas sudah dapat dilaksanakan. Sehingga penyerapan anggaran dapat dilaksanakan seefektif dan seefisien mungkin.

"Kita harapkan OPD sudah mulai dapat merancang kegiatan untuk realisasi program dan kegiatan-kegaiatan strategis. Sehingga saat memasuki tahun anggaran 2019 pada januari mendatang kegiatan pembangunan dan program-program prioritas sudah dapat dimulai. Ini akan berdampak juga pada realisasi anggaran kedepannya," terang Rusman Ali.