Pemkab Percepat Pemutakhiran DTKS

Info Gambar :

PROKOPIM KUBU RAYA – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya terus mempercepat pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di seluruh kecamatan. Saat ini, Kecamatan Terentang menjadi pilot uji contoh dan media pembelajaran bagi kecamatan-kecamatan lainnya dalam pemutakhiran DTKS. Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam mengatakan penanggulangan kemiskinan merupakan salah satu isu penting dalam tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). Karena itu, berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya untuk dapat mengidentifikasi masyarakat yang hidup dalam kemiskinan. Sehingga dapat diberikan sumber daya untuk membantu membebaskan dari kemiskinan secara tepat sasaran. Namun masih terdapat salah sasaran penerima bantuan program bagi masyarakat miskin. Hal itu terkait ketersediaan data yang absah. Karenanya diperlukan pemutakhiran data secara reguler. 

“Ketika muncul pandemi, heboh semua. Bingung menindaklanjuti berbagai berbagai bantuan dari pemerintah pusat sampai kabupaten termasuk CSR-CSR. Terjadi pro dan kontra hingga konflik di tingkat bawah. Ini karena data penerima bantuan yang tidak valid,” ujar Yusran Anizam saat membuka kegiatan Lokakarya Sosialisasi Pembelajaran Percepatan Pemutakhiran DTKS di Qubu Resort Kubu Raya, Kamis (22/10). 

Yusran mengungkapkan pihak Kementerian Sosial RI mengakui bahwa Data Terpadu Kesejahteraan Sosial yang ada adalah data yang diinput pada 2015 silam. Belum pernah dilakukan lagi pemutakhiran data. Karena itu, dirinya mengapresiasi upaya sinergi beberapa dinas terkait di Kubu Raya yang bersama LSM Yayasan Swadaya Dian Khatulistiwa berusaha mempercepat pemutakhiran DTKS tersebut. 

“Kita fokus terkait dengan pemutakhiran DTKS ini. Karena ini sangat mendesak. Banyak program subsidi, BPJS, dan berbagai macam program supaya tepat sasaran dan tidak terjadi konflik di lapangan,” tuturnya. 

Ia menegaskan kebutuhan DTKS sangat penting dan harus segera dilakukan pemutakhiran. Sehingga dapat menjadi acuan pemerintah dalam menetapkan dan melaksanakan program-program bantuan sosial bagi warga miskin atau rentan miskin. Terlebih di tengah terpaan pandemi Covid-19 saat ini. Karena itu, penyelesaian verifikasi dan validasi data kesejahteraan sosial Kabupaten Kubu Raya ditargetkan rampung pada Februari mendatang. 

“Untuk melakukan percepatan pemutakhiran DTKS diperlukan kesinergisan dari semua elemen yang terkait. Dari lokakarya ini kita harapkan terbangun kesepahaman bersama tentang pemutakhiran DTKS dengan dukungan soliditas dan kerja sama tim kerja pada semua tingkatan termasuk Puskesos di tingkat desa. juga komitmen dari camat dan forum koordinasi pimpinan kecamatan tengang percepatan proses pemutakhiran DTKS masing-masing kecamatan,” tuturnya. (rio)

JARINGAN SKPD