Pemkab Kubu Raya Jalin Kerja Sama dengan Lima Entitas

Info Gambar :

PROKOPIM KUBU RAYA – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menjalin kerja sama dengan lima entitas lintas sektor. Kelima entitas tersebut yakni Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kubu Raya, Yayasan Inisiatif Dagang Hijau (IDH), PT Taspen (Persero) Pontianak, PT Pegadaian (Persero) Pontianak, dan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Kalimantan Barat. 

Kerja sama dengan KTNA Kubu Raya berkaitan dengan pemberian beras lokal petani Kubu Raya bersama KTNA Kubu Raya. Kerja sama dengan Yayasan IDH terkait percepatan pelaksanaan rencana pertumbuhan hijau di Kubu Raya. Kerja sama dengan PT Taspen mengenai penyelenggaraan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian bagi pegawai non-aparatur sipil negara di lingkungan Pemkab Kubu Raya. Kerja sama dengan PT Pegadaian Pontianak berhubungan dengan inkluasi keuangan kepada ASN Pemerintah Kabupaten Kubu Raya. Adapun kerja sama dengan Kanwil Ditjen Pajak Kalbar berkaitan dengan pelaksanaan program Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) dalam penyelenggaraan perizinan di Kabupaten Kubu Raya. 

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, kerja sama daerah dilaksanakan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Perjanjian kerja sama yang dirumuskan bersama diharapkan dapat menjawab fenomena pembangunan dan pelayanan publik yang terjadi di Kubu Raya. 

“Sehingga kerja sama yang dibentuk benar-benar efisien, efektif, dan tepat sasaran,” ujarnya seusai penandatanganan kesepakatan bersama di Ruang Praja Utama Kantor Bupati Kubu Raya, Rabu (29/7).

Ia menerangkan kerja sama yang dijalin bertujuan memberikan program dan kegiatan untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat Kubu Raya secara umum. Melalui kerja sama, sumber daya yang ada pada Organisasi Perangkat Daerah terkait dapat dimanfaatkan. Dengan dasar saling membantu dan tidak bertentangan dengan aturan perundangan-undangan yang berlaku. 

“Kita berharap agar kerja sama ini dapat lebih memperkuat semangat kemitraan antara Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dengan semua pihak demi kemajuan bersama,” ucapnya.

Dirinya bersyukur dengan adanya kerja sama lintas sektor. Sebab semua pihak dapat bersinergi dalam melayani masyarakat. Yakni menyasar peningkatan kehidupan masyarakat melalui pemberian pelayanan-pelayanan. Karena menurutnya kehidupan masyarakat adalah tanggung jawab bersama.  

“Dengan penandatanganan naskah kesepakatan bersama diharapkan bisa memperkuat tekad kita untuk bertanggung jawab dalam menjalankan praktik bernegara dan berbangsa,” sebutnya. 

Dia menambahkan, kesepakatan bersama adalah bentuk upaya menyatukan persepsi. Agar program dan kegiatan yang dilakukan lebih fokus dan terukur. Sebab yang dihadapi adalah masyarakat dengan segala kompleksitas masalah. 

“Karena yang kita serang itu adalah keterbelakangan masyarakat, akses yang tertutup, namun bagaimana kita bisa menyelesaikan permasalahan tersebut dan itulah yang sebenarnya menjadi tujuan kita bernegara,” jelasnya. 

Muda menilai kerja sama dengan berbagai pihak adalah bentuk nyata sinergi dan kolaborasi yang kerap disebutnya sebagai jurus “kepung bakul”. Ia menyebut berbagai masalah selama 13 tahun Kubu Raya berdiri menjadi tantangan tersendiri bagi semua pihak untuk bisa menyatukan potensi. 

“Termasuklah institusi-institusi baik pemerintah daerah, BUMN, swasta, NGO, kelompok masyarakat, dan semua komunitas harus bergerak menjadi satu kekuatan untuk bisa mengejar tujuan yang akan dicapai yaitu kebahagiaan bagi seluruh masyarakat,” tuturnya. 

Penandatanganan naskah kesepakatan bersama disaksikan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya Suharso dan Sekretaris Daerah Yusran Anizam. (rio)

JARINGAN SKPD