Muda Mahendrawan: Penyuluh Agama Aset Bagi Pemkab Kubu Raya

Info Gambar :

PROKOPIM KUBU RAYA - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan membuka kegiatan Pembinaan Penyuluh Agama Islam se-Kabupaten Kubu Raya yang digelar oleh Kementerian Agama Kabupaten Kubu Raya, di Ruang Praja Utama, Kantor Bupati Kubu Raya, Selasa (23/3).

Kegiatan pembinaan penyuluh agama itu bertemakan 'Pengarusutamaan Moderasi Agama dan Wawasan Kebangsaan'.

Muda mengatakan para penyuluh agama ini merupakan andalan dan aset bagi Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, karena mampu mengawal kerukunan, mengawal agar masyarakat Kubu Raya selalu berusaha membangun toleransi.

"Terlebih Kubu Raya yang multi kuktur, multi etnis. Sehingga ini menjadi kebutuhan untuk menjadikan masyarakat aman dan nyaman," ungkap Muda.

Bupati Muda meyakini para penyuluh agama di Kubu Raya sudah banyak berpartisipasi terhadap kabupaten ini, sudah banyak melakukan inisiatif-inisiatif terbaik untuk masyarakat.

"Meski semua itu tidak terdokumentasi atau tidak terekam, namun saya yakin bahwa semua sudah melakukan banyak hal, mudah-mudahan dapat semakin kita tajamkan," ujar Muda Mahendrawan saat menyampaikan sambutan.

Muda menjelaskan kegiatan pembinaan penyuluh agama ini sebagai upaya untuk memperkuat toleransi dan moderasi beragama serta mencari solusi agar tidak terbawa pada situasi yang dapat mengundang konflik maupun benturan-benturan," kata Muda.

Muda berharap kepada seluruh penyuluh agama di Kabupaten Kubu Raya dapat menyamakan persepsi dengan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, bahkan dapat menyamakan visi yang dijalankan, yakni bahagia, bermartabat, terdepan berkualiatas dan relegius.

"Mari kita sama-sama terus memperkuat kebahagiaan masyarakat, terlebih di tengah pandemi ini. Kami menitipkan kepada penyuluh agama agar mempu memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait kebutuhan vaksinasi," ujarnya. 

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kubu Raya Nahruji Sudiman memaparkan,  penyuluh agama di Kabupaten Kubu Raya berjumlah 83 orang. Penyuluh agama yang non PNS berjumlah 72 orang sedangkan yang berstatus PNS ada 11 orang.

"Penyuluh agama yang hadir pada hari ini sudah mewakili dari 9 kecamatan di Kubu Raya. PNS itu ada 72 orang kemudian PNS ada 11 orang jadi semua jumlahnya ada 83 orang. Mudah-mudahan melalui kegiatan pembinaan ini dapat memberikan pencerahan bagi kita semua, sehingga kita dapat melaksanakan tugas masing-masing dengan sebaik-baiknya," kata Nahruji. 

Ia berharap kepada seluruh penyuluh agama yang mengikuti kegiatan pembinaan ini dapat lebih berkontribusi dan memberikan manfaat lebih besar kepada masyarakat Kubu Raya.

"Kita semua berharap tidah terhenti di sini saja. Bisa mengkolaborasikan tugas dan tanggung jawab sebagai penyuluh dengan program kerja Pemkab kubu Raya," harapnya.(Jeks)

JARINGAN SKPD