Kubu Raya Siap Adopsi Inovasi Rakor Dishub se-Kalbar

Info Gambar :

PROKOPIM KUBU RAYA - Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam mengatakan, dengan adanya Rakor Dishub se-Kalimantan Barat ini, harus memiliki inovasi yang sangat menunjang perekonomian daerah.

“Harapan kita, kegiatan ini bisa menghasilkan yang terbaik, agar bisa diadopsi di Kubu Raya. Terima kasih kepada Kementerian Perhubungan, Dinas Perhubungan khusus Gubernur Kalbar yang berkenan menyelenggarakan kegiatan rakor ini di Kabupaten Kubu Raya,” ungkap Yusran Anizam saat menghadiri Rakor Dishub se-Kalimantan Barat di Qubu Resort, Selasa(6/4). 

Yusran menambahkan, di masa pandemi covid ini, sangat luar biasa dampaknya. Namun pihaknya terus berupaya dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kubu Raya.

“Ini memang luar biasa dampaknya, terutama di sektor perhubungan dan berdampak pada sektor lainnya. Perhubungan ini sangat luar biasa dampaknya bagi masyarakat. Kabupaten Kubu Raya sendiri memiliki luas 700. 000 hektar persegi dipisahkan 39 pulau, yang dikenal sebagai daerah seribu sungai dan memiliki 3 muara,” ungkapnya.

Dia menambahkan, Kubu Raya merupakan akses melalui sungai ke Kalimantan Barat ini, merupakan  akses sungai terpanjang.

“ Sungai Kapuas ini muaranya ada di Kubu Raya baik itu Muara Kapuas maupun Muara Kakap yang memang terjadi pendangkalan sekitar muara,” ungkapnya.

Yusran menyatakan, Muara Kapuas yang luas dan lebih dekat dengan Muara kakap, sehingga pihak pemerintah Kubu Raya sudah mengeluarkan izin PLTU.

“Muara Kakap itu tidak mungkin masuk melalui Muara Kapuas dengan kapasitas ponton sampai 6.000 ton. Muara yang ada di Kubu Raya ini tentu menjadi potensi sekaligus tantangan tersendiri bagi kami. Kabupaten Kubu Raya merupakan salah satu daerah di Kalimantan Barat yang memiliki potensi besar di jalur air,” ungkapnya.

Dengan adanya rakor ini, Yusran berharap, agar bersinergi, terutama meningkatkan koordinasi, baik kabupaten/kota, provinsi maupun pusat.

" Harapan besar yang ditunggu, terutama untuk mengatasi bermacam persoalan dan memberikan inovasi untuk masyarakat. Nantinya kita adopsi untuk Kubu Raya,” katanya.

Tak hanya jalur air, Yusran menambahkan, terminal antar negara dan bandara internasional berada di Kubu Raya, sangat memberikan nilai tersendiri bagi Kabupaten Kubu Raya.

“Diharapkan dengan kesempatan ini juga menjadi bahan pertimbangan untuk koordinasi, terutama berinovasi,” harapannya. (Syam)

JARINGAN SKPD