Cegah Bahaya, Dinas Pangkas Pohon Tua

Info Gambar :

PROKOPIM KUBU RAYA - Merespons pohon tumbang dan membahayakan pengguna jalan, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk melakukan pemangkasan ranting pohon di sekitar jalan Adisucipto, Kubu Raya. Di sela peninjauan pada Rabu (9/3), Muda mengatakan pemangkasan pohon sebenarnya telah menjadi agenda rutin dinas terkait. Namun karena ada musibah warga yang tertimpa ranting pohon pada Senin malam lalu, pemangkasan segera dipercepat. 

"Selain adanya angin kencang yang tidak diduga, sehingga dahan-dahan pohon yang menjorok ke jalan tertabrak mobil tronton yang pada akhirnya tidak terlihat. Sehingga kita tidak mengetahui apa ranting pohon yang rapuh dan ketika ada angin ranting tersebut mudah jatuh," kata Muda.

Terkait hal itu Muda meminta Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas PUPR untuk langsung melakukan pemangkasan kembali di sepanjang jalan Adisucipto. Adapun terkait warga yang menjadi korban tertimpa ranting pohon, Dinas Kesehatan Kabupaten di saat pertama kejadian telah langsung memfasilitasi proses pengobatan.

“Dinas Sosial juga sedang mengurus bantuan sosial untuk pihak keluarga korban,” imbuhnya.

Muda pun mengapresiasi solidaritas warga setempat yang pada malam kejadian secara spontan berpartisipasi melakukan pertolongan kepada korban. Menurutnya, saat ini intensitas curah hujan dan angin di Kubu Raya cukup tinggi. Sehingga menjadi potensi ancaman tersendiri. 

"Yang jelas kita di Kubu Raya ini setiap terjadinya fenomena alam, apalagi saat ini intensitas curah hujan cukup tinggi yang disertai angin, menjadi tantangan bagi kita. Karena potensinya tidak bisa diduga-duga dan suatu saat menjadi ancaman bagi keselamatan warga,” tuturnya.

Berkaitan dengan hal itu, dirinya mengatakan pemantauan di wilayah perairan di Kubu Raya juga intens dilakukan. 

“Jangan sampai terjadi kecelakaan kapal motor atau sampan motor nelayan yang tenggelam dan sebagainya akibat cuaca ekstrem saat ini,” tutupnya.

Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kubu Raya Supratmansyah mengatakan, pemangkasan ranting pohon menjadi tugas rutin pihaknya setiap pekan. Namun karena adanya peristiwa warga yang menjadi korban akibat tertimpa ranting pohon tua pada Senin (8/3) malam, pihaknya segera menindaklanjuti dengan memangkas ranting pohon di sepanjang jalan Adisucipto.

"Pemangkasan ranting pohon ini sebenarnya sudah menjadi tugas rutin kami. Namun karena adanya instruksi yang masif dari pak bupati, maka itu sudah menjadi kewajiban yang harus kami lakukan," katanya. 

Dirinya menuturkan pihaknya fokus memangkas ranting pohon di sepanjang jalan Adisucipto yang dimulai dari Parit Tengkorak sampai ke Makam Pahlawan Dharma Patria Jaya.

"Pemangkasan ini berdasarkan hasil survei kami, yang mana keberadaan pohon-pohon tua itu ada di sekitar jalan tersebut. Sedangkan untuk lainnya relatif cukup baik,” sebutnya.

Supratmansyah menjelaskan hingga kini ini pihaknya telah memangkas enam ranting pada enam pohon tua. Rencananya pada Kamis (11/3) pemangkasan akan dilanjutkan di Jalan Ayani 2 Kubu Raya. 

"Besok kita juga akan memangkas ranting pohon di Desa Sungai Raya Dalam tepatnya di terminal depan RSUD Sudarso dan Senin pekan depan kita akan memangkas di sekitar jalan menuju Desa Sungai Kakap," terangnya. (rio)

JARINGAN SKPD