Bupati Muda Puji Warga Kepung Bakul Berkurban

Info Gambar :

PROKOPIM KUBU RAYA – Sebanyak 25 ekor sapi dan 9 ekor kambing dari lingkungan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya berhasil dihimpun pada momen Iduladha tahun ini. Hewan-hewan kurban tersebut berasal dari para Aparatur Sipil Negara, Organisasi Perangkat Daerah, dan Bupati serta Wakil Bupati Kubu Raya. Dari jumlah tersebut, sebanyak tiga ekor sapi disembelih di halaman Kantor Bupati Kubu Raya. Sedangkan lainnya didistribusikan ke sembilan kecamatan di Kubu Raya. 

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan pemberian hewan kurban merupakan agenda rutin para ASN Kubu Raya setiap tahunnya. Hewan-kurban yang diberikan dipastikan dalam keadaan sehat. Karena telah melalui pemeriksaan dari dinas terkait. Distribusi dilakukan ke seluruh kecamatan dengan alokasi jumlah yang proporsional.

“Kita salurkan ke seluruh kecamatan. Masing-masing kecamatan ada yang 2, 3, 4, tergantung jumlah penduduknya. Kita tahu bahwa ini memang tidak bisa untuk seluruhnya. Tapi minimal bergantian dalam proses yang berjalan,” ujar Muda Mahendrawan seusai menyerahkan hewan kurban kepada Pengurus Masjid Radiatum Mardiyah Desa Arang Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Jumat (31/7).

Dirinya menyebut pengadaan dan penyaluran hewan kurban ke masyarakat adalah bentuk kebersamaan. Yakni wujud adanya simpati dan empati dari ASN selaku abdi masyarakat dan abdi negara kepada rakyat.

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua Organisasi Perangkat Daerah, bahwa ini adalah bagian daripada cara kita untuk membangun rasa kepekaan, berbagi, dan kepedulian,” ucapnya. 

Ia menilai setiap tahun tahun animo umat muslim untuk berkurban terus meningkat. Di lingkungan pemerintah kabupaten, misalnya, jumlah sapi kurban meningkat dari 19 ekor di tahun lalu menjadi 25 ekor di tahun ini. Animo yang sama juga terlihat di masyarakat. Di mana mulai banyak arisan-arisan kurban yang diadakan warga. 

“Saya yakin di Kubu Raya ini sudah terbangun modal sosial dan pola-pola yang sudah baik selama ini  untuk menghadapi Iduladha. Yang di mana-mana sudah banyak arisan kambing, sapi, dan lainnya untuk kurban. Dan itu semua adalah semangat kepung bakul untuk sama-sama berbagi pada perayaan sekaligus memaknai idul kurban ini,” tuturnya.

Pengurus Masjid Radiatum Mardiyah, Jamaluddin, berterima kasih atas pemberian sapi kurban untuk warga di lingkungannya. Di mana di wilayah tersebut terdapat sekitar 220 kepala keluarga. 

“Saye ucapkan ribuan terima kasih atas bantuan ini. Ini akan segera kami sampaikan kepada warga. Semoga bermanfaat bagi kami di desa,” ucapnya. (rio)

JARINGAN SKPD