Bupati Muda Puji Kiprah LSKM Kubu Raya

Info Gambar :

PROKOPIM KUBU RAYA – Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menghadiri pelantikan Dewan Pimpinan Daerah Laskar Satuan Keluarga Madura (DPD LSKM) Kabupaten Kubu Raya di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Minggu (8/11) malam. Kepengurusan DPD LSKM Kubu Raya masa bakti 2020-2024 resmi dinakhodai Ali Anshari. Bupati Muda berharap LSKM dapat menjadi organisasi yang aktif. Yakni punya kontribusi yang nyata dalam proses pembangunan daerah di Kabupaten Kubu Raya.

“Tentu bukan organisasi yang hanya formalitas apalagi gagah-gagahan. Keberadaannya kita harapkan punya kontribusi,” ujar Muda Mahendrawan seusai pelantikan.

Muda mengatakan ada banyak bentuk kontribusi yang dapat diberikan. Khususnya yang berkaitan dengan profil LSKM sebagai organisasi etnis budaya. Di antaranya dengan keberadaan program-program kerja yang jelas, seperti program pemberdayaan pemuda di bidang seni budaya, ekonomi kreatif, pariwisata, dan sebagainya. 

“Jadi kita harus membawanya kepada hal-hal yang sifatnya produktif. Nah, inilah yang sebenarnya kita pesankan bahwa semangat dari Kubu Raya untuk Indonesia itu harus tertanam. Begitu juga semangat keindonesiaannya juga harus benar-benar menjadi spirit bersama. Apalagi Kubu Raya kan keberagamannya tinggi,” tuturnya. 

Ia mengapresiasi eksistensi LSKM yang dinilainya sangat strategis. Sebab LSKM dapat menjadi wadah diskusi dan kegiatan kaum muda. Dengan keberadaan LSKM, diharapkan akan muncul berbagai ide konstruktif. 

“Jadi justru kita berterima kasih karena ini adalah salah satu tambahan juga. Bisa membuat anak-anak muda kita terarah dan jadi lebih memberikan gagasan dan karya yang cerdas,” ucapnya. 

Lebih jauh dirinya menuturkan heterogenitas dan keberadaan berbagai organisasi etnis adalah potret modal sosial yang dimiliki Kubu Raya. Dengan berbagai potensi sumber daya alam dan manusia yang beragam, diharapkan akan ada capaian-capaian yang bisa memperkuat daerah. 

“Misalnya di dalam menurunkan angka putus sekolah, stunting, peningkatan kelayakan hidup masyarakat, pembangunan mental wirausaha, dan penguatan pengolahan hasil-hasil alam yang ada,” terangnya. 

Ketua DPD LSKM Kubu Raya Ali Anshari meminta jajarannya untuk komit mengemban amanah. Termasuk memperkuat silaturahmi keluarga Madura yang tersebar di pelosok Kubu Raya. Begitu pula silaturahmi dengan etnis-etnis lainnya di Kubu Raya. Secara khusus ia menegaskan pihaknya bertekad mendukung dan bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui berbagai program kegiatan yang ada.

“Kami merupakan bagian dari masyarakat Kubu Raya, maka kami berusaha semampu mungkin mendukung setiap program dan kebijakan yang dijalankan pemerintah daerah,” ujarnya. 

Ali mengungkapkan saat ini LSKM baru tersebar di empat kecamatan yakni Sungai Ambawang, Sungai Raya, Sungai Kakap, dan Teluk Pakedai. Dirinya menargetkan lima ribu kader akan bergabung dalam kurun waktu tiga tahun seiring penambahan Pengurus Anak  Cabang (PAC) di lima kecamatan lainnya yaitu Batu Ampar, Kubu, Terentang, Rasau Jaya, dan Kuala Mandor B. (rio)

JARINGAN SKPD