Bupati Muda Pimpin Apel Siaga Karhutla

Info Gambar :

PROKOPIM KUBU RAYA – Sebagai upaya pencegahan dini kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Kubu Raya, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menggelar Apel Siaga Karhutla dan Gelar Pasukan di halaman Kantor Bupati Kubu Raya, Kamis (18/2). Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan apel siaga dan gelar pasukan sengaja lebih awal dilakukan agar penanganan dan antisipasi kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Kubu Raya lebih maksimal.

“Kita perlu menyusun strategi yang lebih efektif dalam penanganannya di lapangan, karena titik api pasti menyebar,” kata Muda Mahendrawan usai memimpin apel siaga dan gelar pasukan.

Muda menegaskan, nantinya ada beberapa hal yang perlu dilakukan konsolidasi upaya percepatan penanganan kebakaran yang terjadi berulang-ulang. Terutama di kawasan strategis sekitar Bandara Internasional Supadio.

“Jangan sampai akibat kebakaran lahan ini mengganggu jarak pandang khususnya penerbangan,” katanya.

Muda memaparkan sejauh ini beberapa lokasi kebakaran lahan di Kubu Raya sudah ditangani secara maksimal. Terutama pada lokasi yang dekat dengan aset dan permukiman warga. Antisipasi dan penanganan dilakukan dengan membuat kanal atau parit untuk menghambat kebakaran lahan tersebut.

“Ini kita lakukan agar petugas pemadam dari semua unsur bisa konsentrasi menjaga di titik-titik lainnya,“ ujarnya.

Ada beberapa lokasi yang dibuat kanal ini. Lokasi yang diutamakan yakni sekolah dan permukiman warga. Karena di beberapa lokasi, kebakaran terjadi dekat dengan sekolah dan permukiman. 

“Ketika terjadi kebakaran lagi, warga setempat tidak akan terlalu panik. Karena sekolah atau permukiman yang dekat dengan lokasi yang rawan terbakar sudah dibuat kanal, dan petugas juga bisa menangani di lokasi lainnya. Karena titik api ini cukup banyak,” sebutnya. (jek)

JARINGAN SKPD