Bupati Muda Kukuhkan Tenaga Geospasial Desa

Info Gambar :

PROKOPIM KUBU RAYA - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengkuhkan tenaga penggerak data dan informasi geospasial desa Kabupaten Kubu Raya pada kegiatan Pengukuhan dan Bimbangan Teknis Untuk Tenaga Penggerak Data dan Informasi Geospasial Desa Kabupaten Kubu Raya, di Hotel Gardenia, Kubu Raya, Rabu (7/4).

Muda menjelaskan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya merancang, membangun, dan mendesain geoportal Kubu Raya berbasis webGIS bukan hanya fomalitas, popularitas dan hanya sekedar untuk gagah-gagahan.

“Tapi ini untuk merancang bangun sebuah gerak sistem pemerintahan dengan model yang lebih menjadi cepat dan memperkuat ‘kepong bakol’ Kubu Raya, agar lebih jelas strategi dan langkah keterpaduan dan langkah seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk melakukan berbagai percepatan,” kata Muda saat menyampaikan sambutan.

Muda mengatakan model yang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Kubu Raya adalah suatu model inovasi untuk memperkuat sistem. Geoportal dan sistem informasi data berbasis geospasial ini, dilakukan untuk memperpadukan semua hal dan menjadikan langkah-langkah yang membuat pemerintahan akan lebih fokus kepada hal-hal yang mendarat, substantif, hal-hal yang berorientasi pada hasil, dampak yang bisa diukur.

“Semuanya harus mampu mewujudkan percepatan dan menggerakkan, karena fungsi pemerintah itu adalah menggerakkan semua potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam serta menggerakkan semua hal yang mampu untuk memberikan sebuah kehidupan yang layak bagi setiap rumah tangga, desa dan semua titik penjuru yang mampu untuk diakses,” katanya. 

Menurut Muda geoportal dan sistem informasi data berbasis geospasial ini merupakan cara dan metode dalam percepatan untuk nmemperkuat, agar semuanya merasa bagian penting bagi daeah ini. Di era digital, era serba cepat saat ini yang dibutuhkan adalah kecepatan dan ketepatan dan respon yang efektif. 

“Tenaga penggerak data dan informasi geospasial desa yang direkomendasikan oleh masing-masing desa merupakan perpanjangan tangan simpul jaringan yang dipercaya. Memang direkomendasi oleh desa, tetapi bukan bekerja untuk semata-mata seperti pendamping desa dan sebagainya,” katanya.

Muda menegaskan tugas utama  tenaga penggerak data dan informasi geospasial desa adalah mengambil, mengkonfirmasi, menghimpun, mengolah, verifikasi faktual terhadap berbagai hal termasuk semua kegiatan yang diminta dan diintruksikan oleh simpul jaringan sesuai target. (Jeks)

JARINGAN SKPD