Bupati Muda Komit Perkuat Otonomi Desa

Info Gambar :

PROKOPIM KUBU RAYA – Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menghadiri syukuran selesainya renovasi pembangunan Kantor Desa Kubu, Kecamatan Kubu, Selasa (15/9). Dalam sambutannya ia menyebut syukuran menjadi momen refleksi sejarah terbentuknya Kabupaten Kubu Raya pada 13 tahun silam. Di mana masyarakat wajib untuk terus menjaga tekad membangun daerah, sebagaimana di awal proses perjuangan pembentukan Kabupaten Kubu Raya dulu. 

“Kita tetap harus kembali pada titik awal pondasi tekad dan semangat. Karena sejarah dan titik awal itulah yang menentukan perjalanan kita saat ini dan ke depannya,” ujar Muda Mahendrawan di halaman Kantor Desa Kubu. 

Muda mengatakan pencapaian saat ini sejatinya adalah untuk masa depan generasi berikutnya. Ia menyebut kantor desa adalah milik warga desa yang harus dikelola semaksimal mungkin untuk kepentingan masyarakat. Dirinya menegaskan pemerintah kabupaten saat ini berusaha memperkuat desa-desa di Kubu Raya. Itu sebabnya mengapa salah satu misi yang diusung adalah memperkuat otonomi desa. 

"Artinya apa? Supaya membangun itu dengan benar-benar berkeadilan, dengan memberikan peluang-peluang yang sama kepada seluruh rakyat di desa-desa. Dengan cara itu, maka desa-desa bisa lebih maksimal memberikan peran supaya setiap proses itu desa-desa yang di seluruh kecamatan termasuk di Kubu yang saat ini sudah 21 desa, tentu ini juga merupakan hal yang sangat kita perkuat supaya basis-basis di masyarakat benar-benar bisa diberdayakan,” tuturnya.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kubu Raya Suharso meminta keberadaan kantor desa yang baru diiringi dengan peningkatan etos kerja dari seluruh aparatur pemerintahan desa. Menurutnya, sebagai ibu kota Kecamatan Kubu, Pemerintah Desa Kubu harus menunjukkan kinerja inovasi dan prestasi. 

“Hal ini juga sebagai semangat untuk mendukung Desa Kubu sebagai contoh dan cermin bagi desa-desa lainnya di Kecamatan Kubu," ucapnya. 

Ia menambahkan, potensi alam di Kecamatan Kubu harus digarap semaksimal mungkin. Dan proses pembangunan itu dimulai dari desa. 

"Dengan mencerminkan ruang yang nyaman untuk desa ini, sehingga mampu menumbuhkembangkan semangat sampai ke semangat masyarakatnya itu harus ikut semangat seperti renovasi kantor desa yang diresmikan hari ini," katanya.

Camat Kubu Rustam Efendi mengapresiasi renovasi kantor desa yang dilakukan Kepala Desa Kubu Hermawansyah. Menurutnya, keberadaan kantor desa yang representatif menjadi penunjang bagi kelancaran pelayanan publik di desa. 

"Meski baru menjabat delapan bulan, kepala desa Hermawansyah dan perangkat desanya mampu memperbaiki kantor desa dengan renovasi bangunan fisik yang ada di kantor ini," ujarnya.

Kepala Desa Kubu Hermawansyah mengatakan renovasi kantor desa dilakukan dengan tujuan memberikan kemudahan dan kenayaman dalam proses pelayanan publik ke masyarakat. 

“Tentunya dengan direnovasinya kantor desa Kubu ini, kami akan lebih optimal memberikan pelayanan ke masyarakat," tuturnya. (rio)

JARINGAN SKPD