Bupati Muda Buka Khitanan Massal di Mapolres Kubu Raya

PROKOPIM KUBU RAYA - Bupati Kubu Raya Muda Mahendarawan membuka kegiatan khitanan massal yang digelar Kepolisan Resor Kubu Raya bekerja sama dengan Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Kubu Raya di Aula Mapolres Kubu Raya, Minggu (19/7). Khitanan massal dilaksanakan untuk memperingati HUT ke-13 Kabupaten Kubu Raya dan HUT ke-74 Bhayangkara. Bupati Muda menerangkan kegiatan khitanan massal merupakan inisiatif dari Pemuda Muhammadiyah dan Polres Kubu Raya dengan bersinergi bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya. Menurutnya, khitanan yang dilaksanakan tidak terlepas dari konteks upaya membangun generasi yang berkualitas.

"Terlebih kehadiran Polres Kubu Raya sejak 2019 lalu eksistensinya sudah sangat dirasakan masyarakat," kata Muda Mahendrawan.

Ia mengatakan kegiatan sosial khitanan massal akan membangun stigma yang positif bagi masyarakat khususnya anak-anak terhadap kepolisian. Bahwanya kantor polisi bukanlah tempat yang menakutkan. Kantor polisi justru sebaliknya menjadi tempat yang mengayomi dan memberikan rasa aman. 

"Diadakan khitanan di sini (Polres Kubu Raya) ini suatu hal yang sangat positif, terlebih dilaksanakan di HUT Kubu Raya yang ke-13 dan HUT Bhayangkara yang ke-74," tuturnya.

Muda mengapresiasi kegiatan tersebut. Dirinya berharap kegiatan serupa dapat dilakukan secara terus menerus di berbagai kesempatan. 

Ketua Pemuda Muhammadiyah Kubu Raya, Ajie Kurniawan, menuturkan Pemuda Muhammadiyah dan Polri khususnya Polres Kubu Raya bersinergi untuk menggelar khitanan massal. Kegiatan yang melibatkan pemerintah kabupaten ini membuktikan bahwa Pemuda Muhammadiyah juga turut berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup generasi penerus yaitu anak-anak.

"Karena ketika sumber daya manusia unggul, maka peningkatan sumber daya manusia di kabupaten juga menjadi langkah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Ajie.

Ajie memaparkan ada 30 anak dari 4 kecamatan yang mendaftar untuk mengikuti khitanan massal. Yakni dari Rasau Jaya, Sungai Raya, Sungai Kakap, dan Sungai Ambawang.

" Insya Allah kegiatan akan terselesaikan hari ini," katanya.

Kapolres Kubu Raya Ajun Komisaris Besar Yani Permana menyatakan anak-anak yang mengikuti khitanan wajib berterima kasih kepada Pemkab Kubu Raya dan Pemuda Muhammadiyah yang telah memfasilitasi kegiatan. 

"Adik-adik jangan takut dikhitan, karena khitan itu tidak sakit. Yang sakit itu jika tidak dikhitan," kata Yani Permana menyemangati anak-anak yang ikut khitanan massal.

Ia berharap ke depan akan ada kegiatan-kegiatan sosial lainnya. Sehingga masyarakat Kubu Raya juga terbantu dan pelaksana kegiatan menjadi motor penggerak untuk memulai hal-hal yang baik. (Jaka)

JARINGAN SKPD