Bupati Muda Ajak Setop BABS

Info Gambar :

PROKOPIM KUBU RAYA – Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan bersama Ketua Tim Penggerak PKK Rosalina Muda menyaksikan Deklarasi ODF (Open Defecation Free) atau Setop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) di Aula Kantor Desa Teluk Kapuas, Kecamatan Sungai Raya, Selasa (5/1). Deklarasi dilanjutkan dengan penandatanganan Komitmen Bersama Mendukung Gerakan Setop Buang Air Besar Sembarangan di Desa Teluk Kapuas. Bupati Muda mengatakan deklarasi untuk setop buang air besar sembarangan adalah upaya menyadarkan semua pihak akan pentingnya sanitasi yang baik dengan berbasis masyarakat. 

“Kita butuh upaya gerakan yang sifatnya masif agar tidak ada lagi yang buang air besar sembarangan. Sebab ini sangat berdampak tidak baik untuk kesehatan manusia dan lingkungan,” ujarnya. 

Muda mengatakan pemerintah daerah terus melakukan pendataan. Sehingga secara bertahap kegiatan pengadaan jamban sehat sederhana bisa terus dilakukan secara swakelola. Yakni dengan keterlibatan berbagai pihak termasuk unsur swasta. Ia menyebut pendataan dilakukan secara geospasial. Sehingga peta desa dan rumah tangga yang belum memiliki jamban yang layak dapat terlihat jelas. 

“Kita harus mencari solusi agar ini bisa dilakukan dengan kemandirian dan cepat. Solidaritas yang telah terbangun di tengah pandemi ini diharapkan bisa membantu mempercepat gerakan itu,” harapnya. 

Kepala Desa Teluk Kapuas Abdul Halim berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya program Setop Buang Air Besar Sembarangan. Khususnya melalui pengadaan jamban tripikon atau terapung. Jamban tripikon adalah konstruksi sanitasi yang dapat mencegah terjadinya pencemaran air sungai akibat limbah manusia. 

“Tripikon ini suatu terobosan baru di Teluk Kapuas dan pertama di Kubu Raya. Mudah-mudahan dengan adanya jamban tripikon ini, masyarakat kita bisa hidup sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit,” ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya Marijan mengatakan Teluk Kapuas menjadi desa kesebelas di Kabupaten Kubu Raya yang mendeklarasikan ODF. Deklarasi di Desa Teluk Kapuas merupakan deklarasi pertama di tahun 2021. 

“Untuk ODF ini kita targetkan desa-desa di pusat kabupaten dapat selesai pada 2021 ini. Desa-desa lain juga ada yang telah siap untuk deklarasi,” ungkapnya. (rio)

JARINGAN SKPD