Bupati Muda Ajak Kepala Sekolah Terus Menjadi Pembelajar

PROKOPIM KUBU RAYA –Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan membuka Rapat Koordinasi Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kabupaten Kubu Raya di Hotel Dangau Kubu Raya, Rabu (13/1). Dalam sambutannya ia mengingatkan kepala sekolah yang juga sebagai tenaga pendidik untuk terus meningkatkan kualitas diri. Caranya dengan tetap menjadi pembelajar.

“Siapapun harus tetap menjadi pembelajar. Tetap mencari dan melihat, masih ada hal-hal yang terus kita kejar. Semakin banyak persoalan yang kita tahu, semakin kita merasa miskin dengan pengetahuan dan wawasan kita. Ini prinsip yang harus kita jadikan semangat kita," tuturnya berpesan.

Muda memaparkan era serba cepat saat ini harus disikapi dengan adaptasi yang cepat pula. Termasuk kecepatan dalam melihat ke depan terlebih yang berkaitan dengan pendidikan yang menjadi kunci pembangunan sumber daya manusia.

"Inilah peluang kita untuk melakukan langkah-langkah yang sistemik, terukur, dan terarah," ujarnya.

Ia menegaskan sebelum persoalan menjadi besar, diperlukan antisipasi termasuk di dalam dunia pendidikan. Di mana butuh kecepatan untuk melihat peluang melalui upaya yang fokus dan masif. 

"Tidak harus semuanya secara rutinitas dan formalitas saja, yang terpenting tidak menabrak prinsip. Justru menambah nilai-nilai penguatan kita terhadap proses pendidikan, belajar mengajar, dan peningkatan kualitas kita sendiri," katanya.

Terkait pandemi Covid-19, Muda menyatakan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya terus berupaya mempercepat pemulihan termasuk dalam hal pendidikan yang terdampak. Untuk itu dirinya mengajak untuk terus bergerak dan berbuat. 

"Situasi pandemi Covid-19 ini menguji dan menantang kita. Namun kita harus terus bersemangat untuk tidak menyerah, tidak berpasrah, meratapi, dan nelangsa. Kita harus terus bergerak untuk membakar semangat kita," ajaknya. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya M. Ayub mengapresiasi pengurus MKKS baik pengurus kabupaten maupun pengurus wilayah yang berinisiatif menggelar rakor MKKS. 

"Memang sudah selayaknya kegiatan ini kita laksanakan di awal tahun. Rakor sekaligus membuat perencanaan MKKS selama tahun 2021, di awal tahun inilah direncanakan," kata Ayub.

Menurut Ayub, rakor sangat penting untuk meningkatkan kualitas sekaligus menajamkan tugas pokok dan fungsi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

“Semakin fokus kita membahas hal-hal yang yang berkaitan dengan tupoksi kita, saya yakin ke depan perlahan tapi pasti sumber daya manusianya, kualitas pengelolaan lembaga sekolahnya, sampai kepada output hasil dari pendidikan pada siswanya juga akan lebih meningkat,” ucapnya. (jaka)

JARINGAN SKPD