Bupati Minta ASN Berinovasi

Bupati Minta ASN Berinovasi
Bupati Minta ASN Berinovasi Info Gambar :

Mengantisipasi perubahan zaman yang sangat pesat, Aparatur Sipil Negara dituntut melakukan banyak penyesuaian. Perkembangan teknologi informasi saat ini tidak saja memfasilitasi cara kerja birokrasi, tapi juga memfasilitasi masyarakat untuk menuntut pelayanan yang lebih baik dari Aparatur Sipil Negara. Bupati Kubu Raya Rusman Ali menyampaikan hal tersebut saat memimpin Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-47 Korps Pegawai Republik Indonesia di halaman Kantor Bupati Kubu Raya, Kamis (29/11). Menurut Rusman, revolusi industri 4.0 telah membawa perubahan lanskap sosial, politik, ekonomi, dan budaya di seluruh dunia.

“Pemanfaatan teknologi oleh masyarakat dan dunia usaha untuk menyampaikan aspirasinya tersebut akan menjadi beban Aparatur Sipil Negara jika tidak diikuti dengan perubahan kerja,” kata Rusman mengingatkan.

Karena itu, Rusman menyatakan ASN mau tidak mau harus melayani masyarakat dengan serius. Hal itu, menurut dia, hanya bisa terjadi jika ada peningkatan kualitas kerja dan tata kelola pemerintahan serta akuntabilitas. Ia menegaskan Aparatur Sipil Negara harus membuka wawasan dan terus melakukan inovasi.

“Sederhanakan proses kerja, manfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan teknologi, dan berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait,” pesannya.

Rusman Ali juga mengingatkan jajaran ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya untuk tidak terjebak ego-sektoral, ego-organisasi, dan ego-program masing-masing. Menurutnya, semua permasalahan yang ada di masyarakat bersifat lintas sektoral bahkan lintas daerah.

“Dengan berkolaborasi dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, saya yakin ASN bisa mengaktualisasikan baktinya secara lebih baik kepada masyarakat, bangsa, dan negara,” ujarnya.

Kepada ASN Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Rusman Ali secara khusus meminta untuk terus meningkatkan kualitas diri dan kinerja. Ia menekankan ASN Kubu Raya harus terus berinovasi.

“Saya selaku bupati meminta seluruh jajaran ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya untuk masing-masing kita dari kepala dinas hingga staf ayo berinovasi. Dengan inovasi insya Allah kita akan menemukan ide-ide baru sehingga pembangunan di Kabupaten Kubu Raya dapat terus berjalan dengan baik,” pungkasnya. (rio)