Bangun Daerah dengan Berbasiskan Data

Info Gambar :

PROKOPIM KUBU RAYA – Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan membuka kegiatan Pembekalan Aplikasi Database Pendidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya Tahun 2020 di Hotel Gardenia Kubu Raya, Sabtu (7/11). Dalam sambutannya, Bupati Muda menyebut pembekalan aplikasi basis data sebagai kegiatan yang sangat penting. Sebab menjadi bagian dari upaya percepatan pembangunan pendidikan dan kebudayaan di Kubu Raya. Terlebih di era digital saat ini, di mana dinamika terjadi begitu cepat. 

“Kalau tidak dengan lompatan kuantum, maka akan selalu ketinggalan. Akhirnya kehilangan peluang untuk bisa lebih cepat dalam mengantisipasi problem-problem yang menghambat percepatan peningkatan kualitas pendidikan dan kebudayaan di daerah,” tuturnya. 

Muda mengatakan potret pendidikan di negara-negara maju harus dijadikan contoh. Khususnya dalam hal cara kerja dan sistem yang mapan. Di mana penggunaan teknologi informasi dan komunikasi berjalan optimal. 

“Mengapa di negara maju mereka bisa bekerja di mana saja dan dari mana saja? Karena semua itu didasarkan pada bertemunya data dengan semua hal yang harus dikerjakan,” ujarnya. 

Ia menyebut Pemerintah Kabupaten Kubu Raya fokus pada upaya percepatan penyediaan data yang lengkap, akurat, dan mudah diakses. Hal itu, menurutnya, bukan sekadar untuk prestise. Melainkan telah menjadi kebutuhan. Yakni sebagai upaya antisipasi terhadap masalah yang datang begitu cepat. 

“Kubu Raya ingin menjadi kabupaten yang terdepan dalam hal ini. Bukan karena ingin gagah-gagahan tapi karena kita tahu bahwa kita harus berupaya mengantisipasi bahwa rakyat berkembang begitu cepat. Sehingga ini makin mendesak,” jelasnya.

Terlebih, lanjutnya, dengan posisi Kubu Raya sebagai daerah hinterland atau penyangga ibu kota provinsi membuat tantangan semakin besar. Sehingga pembekalan aplikasi basis data pendidikan menjadi keharus demi upaya mengatasi masalah dengan berbasiskan data. 

“Data diperlukan terlebih untuk merespons adanya program yang akan masuk. Inilah cara kita kerja membuka peluang. Agar ke depan jauh lebih cepat dalam lompatan,” terangnya. (rio)

JARINGAN SKPD